Rabu, 09 November 2011

1. Internet Society International (ISOC) ISOC adalah asosiasi professional Internet yang terdiri dari 17.000 anggota individual dan 130 anggota organisasi di seluruh dunia. Ia adalah organisasi non-pemerintah berskala internasional yang bertujuan untuk bekerjasama dan berkoordinasi secara global dalam bidang aplikasi dan teknologi internet serta internetworking.
ISOC juga adalah organisasi induk bagi Internet Engineering Task Force , Internet Engineering Steering Group , dan Internet Architecture Board, ketiganya merupakan organisasi yang bertanggungjawab terhadap pengembangan teknikal internet dan segala hal yang berkaitan dengannya.


2. IAB(Internet Architecture Board)
Iab merupakan badan penasehat bagi ISOC dalam memutuskan suatu standar yang akan diterapkan di internet. informasi lengkapnya dapat di www.iab.org

3. IANA(Internet Assigned Numbers Authority)
IANA, singkatan dari Internet Assigned Numbers Authority adalah sebuah organisasi yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat yang mengurusi masalah penetapan parameter protokol internet, seperti ruang alamat IP, dan Domain Name System (DNS). IANA juga memiliki otoritas untuk menunjuk organisasi lainnya untuk memberikan blok alamat IP spesifik kepada pelanggan dan untuk meregistrasikan nama domain. IANA juga bertindak sebagai otoritas tertinggi untuk mengatur root DNS yang mengatur basis data pusat informasi DNS, selain tentunya menetapkan alamat IP untuk sistem-sistem otonom di dalam jaringan Internet. IANA beroperasi di bawah naungan Internet Society (ISOC). IANA juga dianggap sebagai bagian dari Internet Architecture Board (IAB).
IANA memberikan tanggungjawab dalam mengatur pengaturan ruang alamat IP dan DNS kepada tiga badan lainnya yang bersifat regional, yakni sebagai berikut:
IANA akan digantikan oleh sebuah badan nonprofit internasional yang disebut sebagai Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), karena meningkatnya penggunaan Internet.

4. IRTF(Internet Research Task Force)
Internet Research Task Force disingkat menjadi IRTF (bahasa Indonesia: Gugus Kerja Jaringan Riset Internet) adalah sebuah organisasi yang terdiri atas beberapa kelompok penelitian (riset) yang memfokuskan diri untuk membangun standar protokol-protokol Internet, arsitektur Internet, aplikasi Internet, dan juga teknologi Internet. IRTF dibawahi oleh Internet Architecture Board (IAB) dan mencakup beberapa kelompok riset, seperti:
  • End-to-End (E2E) group, yang memfokuskan diri terhadap layanan-layanan dan protokol-protokol antar titik yang diimplementasikan dalam host dalam sebuah jaringan.
  • Information Infrastructure Architecture group, yang bekerja untuk membangun infrastruktur informasi untuk Internet untuk mendukung interoperabilitas yang lebih tinggi antar aplikasi.
  • Internet Resource Directory group, yang mengembangkan model-model untuk deskripsi sumber daya, seperti halnya mekanisme permintaan terhadap sumber daya, pengindeksan, dan cara memperoleh sumber daya tersebut.
  • Network Management group, yang peduli dengan beberapa masalah yang berkaitan dengan manajemen Internet dilihat dari perspektif tingkat tinggi, dan berorientasi kepada pengguna/kustomer.
  • Services Management group, yang peduli dengan konvergensi teknologi-teknologi jaringan yang berkaitan dengan Internet.
5. IETF(Internet Engineering Task Force)
Internet Engineering Task Force (disingkat IETF), merupakan sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak (baik itu individual ataupun organisasional) yang tertarik dalam pengembangan jaringan komputer dan Internet. Organisasi ini diatur oleh IESG (Internet Engineering Steering Group), dan diberi tugas untuk mempelajari masalah-masalah teknik yang terjadi dalam jaringan komputer dan Internet, dan kemudian mengusulkan solusi dari masalah tersebut kepada IAB (Internet Architecture Board). Pekerjaan IETF dilakukan oleh banyak kelompok kerja (disebut sebagai Working Groups) yang berkonsentrasi di satu bagian topik saja, seperti halnya keamanan, routing, dan lainnya. IETF merupakan pihak yang mempublikasikan spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/IP. 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar